Rabu, 29 Oktober 2014

Sedikit Nasehat Malam

Kemarin malam, ga sengaja nungguin temen di kampus bukit.
Rencananya si mau meet-up setelah beberapa lama tak jumpa.
Temen lama.
Temen SMA.
Mumpung lagi libur, mampirlah ia ke palembang.

Rencananya ketemuan di kampus bukit, abis sholat isya, ga tau ternyata temen gue kejebak macet.
Alhasil gue nunggu dikampus bukit duduk didepan atm bni.
Sambil nunggu temen, ternyata ada bapak-bapak juga lagi duduk sendirian tepat bersebelahan dengan gue duduk.

Lumayan lama nunggu, gue ga betah cuma bisa liat liat handphone doang, pengennya ngobrol.
Gue ajaklah si bapak ngobrol.

Gue : Nungguin siapa pak?
Bpk : Nungguin anak pulang dari Indralaya, sampe sekarang belum pulang.
Gue : Loh, kok udah malem belum pulang pak? macet ya?
Bpk : Nggak kok, emang biasanya kayak gini pulang malem, soalnya lagi praktikum.
Gue : Pasti anaknya jurusan teknik ya pak? (Gue nanya sotoy banget) Bapak setiap hari nungguin sampe malem?
Bpk : Iya bener, sebenernya anak bapak kuliah di bukit, tapi karena praktikum jadi harus keindralaya, gak tiap hari kok.
Gue : Anaknya cewek apa cowok pak?
Bpk : Cewek, makanya dianter jemput tiap hari. Kalo cowok mah bapak juga gak masalah hehe. Anak bapak juga tunggal, makanya kalo dia belum pulang itu bapak dan ibu dirumah khawatir.
Gue : Oh jadi setiap hari dianter jemput ya pak? Kenapa ga dikasih kendaraan aja pak anaknya biar bisa pergi pulang sendiri biar bapak juga gak capek.
Bpk : Anaknya yang dak mau nak, sudah dulu waktu sma bapak kasih motor, biar dia bisa kemana mana sendiri, tapi baru satu minggu pake, capek katanya susah parkir. Bapak juga ga masalah si kalo anak mau minta anter jemput bapak terus, mumpung masih kuat juga, mumpung masih sama-sama dia juga, nanti kalo udah diambil orang kitanya jadi sepi nak.
Gue : (disitu gue langsung mikir, orang tua aja ga kerasa bentar lagi anaknya mau diambil orang, apalagi gue????? cepet banget idup ini ya Allah :')) Bener juga ya pak, semester berapa emg skg pak? Mana ukt mahal lagi ya skg. (sok curhat, padahal bersyukur ga kena UKT)
Bpk : Smster 3 nak, kebetulan dia masuk udah pake sistem UKT. UKT nya 9 juta loh, lumayan juga persemster. Tapi kalo di unpal cuma 2,1 juta kok persemesternya. Ini negeri udah lebih dari swasta aja, padahal banyak berebut mau negeri karna biaya nya murah. Tapi ternyata....
Gue : (langsung gue potong) waktu jaman aku masuk kuliah, alhamdulillah masih murah pak. padahal dulu fakultas ilkom lumayan mahal kalo dibandingin sama fakultas lain, karena fakultasnya baru juga kali ya pak, beruntung aja yang lain spp nya cuma 750.000 enak banget. aku bersyukur ternyata ada yang jauh lebih mahal bayarannya.
Bpk : Iya nak, makanya kalo kuliah itu yang rajin ya, yang bener, jangan kecewain orang tua. Orang tua udah capek-capek cari uang buat kalian kuliah, buat kalian nuntut ilmu, kami sebisa mungkin kerja keras buat kalian supaya nanti kelak jadi orang yang lebih dari kami.
*Tiba-tiba gue jadi ngerasa bersalah kalo kuliah suka males-malesan :( diajakin nonton sama makan-makan seneng banget :(*
Gue : (Gue cuma diem)
Bpk : (ngelanjutin omongan) ngeliat kalian berprestasi itu seneng banget. apalagi kalo kalian udah sukses nanti. kami orang tua gak perlu minta imbalan nak. kami gak pernah mau minta minta uang dari kalian. cukuplah melihat kalian sukses, kami sudah bangga. tak pernah kami minta imbalan sepeserpun dari kalian kalo kalian udah jadi orang nanti, enggak nak. inilah kami orang tua, hanya ingin melihat anaknya bahagia. sampai kalian berkeluarga pun kami tetap senang melihat kebahagiaanmu. tapi saat itulah kami merasa sepi. sepi karena kalian sudah diambil orang, sudah tak lagi menjadi tanggung jawab kami, sudah tak lagi tinggal bersama keluarga. maka dari itulah saat saat seperti ini, saya merasa begitu bermanfaat, saat antar dan jemput anak dari sd sampai kuliah, tak pernah saya mengeluh asalkan anak tetap bersama kami, orang tuanya. disinggahi setelah menikah pun itu sudah cukup membuat kami senang, menghilangkan rasa kesepian yang kami alami saat kamu sudah bersama suami nanti.
*Bapak terus melanjutkan kata-katanya hingga matanya berkaca-kaca*
Bpk : Yang penting kuliah yang rajin ya nak, jangan kecewakan orang tuamu. (Bapak itu tersenyum)

Tubuhnya persis sekali seperti papa, tiba-tiba aku jadi teringat dengan sosok papa yang jauh disana. :"
Papa yang bekerja sudah pindah berkali-kali, pernah dibandung, dipalembang, dipadang, dan sekarang di medan.
Aku berfikir mungkin ketika papaku ditanya seperti ini, maka seperti ini pulalah jawabannya.
Aku mencoba memahami setiap kata yang bapak itu keluarkan.
Mungkin ini sedikit nasehat malam agar aku tak terlalu goyah dengan indahnya kehidupan.
Betapa masih banyak yang harus dikejar, cita-cita, keinginan, kesuksesan.

Semoga menjadi nasehat bagi kita semua, itulah hebatnya ORANG TUA. Takkan pernah mereka lelah memberi dan memberi apapun kepada anaknya. Dan ANAK, buatlah orang tua kita bangga, walau tanpa dengan memberikan imbalan, namun buatlah mereka merasa bahwa KERJA KERAS mereka tak sia-sia.

:)

0 komentar:

Posting Komentar

© BERBAGI CERITA 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis