Kamis, 27 April 2017

Belajar Ikhlas

5 hari yang lalu, tanggal 22 april 2017 tepatnya, gw diuji oleh Allah. 

Hari itu adalah hari gw melaksanakan tes kerja, tesnya dari pagi jam 07.30 dan baru selesai tes jam 1 siang. Kebetulan banyak temen-temen satu fakultas yang juga sama-sama ikut tes kerja, jadi inginnya sepulang tes mau makan sama-sama. Oke, alhasil kami tenteuin tempat makan, dan perginya beriringin/konvoi. Tapi pada saat gw mau ngeluarin motor dari tempat parkir, ga tau kenapa yang lain udah pada jalan semua, sedangkan gw masih ngeluarin motor sama temen gw juga yang kebetulan mau nebeng gw. Yaudah, karena emang gw juga tau tempatnya dimana, jadi ga masalah kalo mereka udah jalan duluan.

Keluarlah kami berdua dari tempat tes itu dan mau berjalan ke lokasi makan. Ga tau kenapa gw blank, yang harusnya gw berjalan ke kiri, gw malah jalan ke kanan. Ntah emang udah ada firasat atau apa, tak jauh dari tempat tes tadi, tepatnya di jalan Demang Lebar Daun didepan Griya Agung, dan.............................."What the h***!" Tas gw di jambret orang!

Gw panik setengah mati, disatu sisi, tas gw kenapa jambret, dan satu sisi temen gw jatuh dari motor akibat kelakuan kejam si jambret. Motor gw yang pada saat itu hampir oleng, masih bisa gw benerin, motor udah kebalik, tapi gw bisa nahan sambil berdiri, dan gw sesegera mungkin minggirin tu motor, dan cepet nemuin temen gw yg udah jatuh dijalan dan terluka.

Ga tau lagi apa yang harus gw lakuin, yang ada dipikiran gw yaitu antara nolong temen gw atau ngejer si jambret. Tapi pikir lagi, gw mau ngejer gimana? sedangkan temen gw jatuh dijalan dan luka. Akhirnya gw pasrah sama tas gw yang udah dijambret. Ga bakal bisa juga gw kejer dan dapetin lagi. Si jambret itu berdua bermotor tanpa menggunakan helm dan secepat kilat mengendarai motornya dengan membawa tas gw yang isi nya dompet beserta uang, kartu-kartu identitas diri dan juga handphone.

Tanpa pikir panjang, gw sesegera mungkin bantuin temen gw, dan nanyain gimana keadaannya, dan ternyata temen gw ga tau kalo gw kena jambret, dia taunya kita keserempet motor, makanya bisa jatuh (kebetulan temen gw pake rok dan duduk nyamping waktu dimotor). Dan setelah dia tau kalo gw kena jambret, langsung kami berdua melaju dengan cepat kearah motor si jambret pergi. Dan, gw mulai nangis sambil kesel baru keinget kalo semua data diri gw tinggal disitu. Baru sadar kalo kami kearah jalan yang salah, langsung kami mencari kantor polisi terdekat yaitu Polda. Disitu gw langsung ngelaporin kejadian yang gw alamin, dan ternyata polisi itu juga sama sekali ga bisa bantuin apa-apa dan bilang kalo itu bukan wilayah mereka, dan menyarankan untuk segera ke polsek Ilir Barat yang ada di Padang Selasa. Gw kesel karena ga dapet apa-apa, dan harus bolak balik dari kantor polisi sini kekantor polisi disitu. Apa bedanya coba wilayah situ dan wilayah sini? Jadi kalo misal ada yang meninggal dan bukan didaerah situ, polisi ga mau ngurusin karena bukan wilayahnya? Lucu juga ya hehe. 

Abis itu temen gw yang td gw bonceng segera nelpon temen-temen yang lain yang duluan sampe dilokasi makan dan akhirnya bisa ketemuan di sekitar polda itu. Dan hal pertama yang harus dilakuin kalo lo kena jambret dan di tas lo ada kartu atm nya, segera blokir! Dan temen gw langsung nelpon call centernya BNI (kebetulan gw pake bank BNI), dan leganya, langsung cepat diproses asal inget nomor rekeningnya. Lalu setelah itu kami sama-sama kelokasi tempat makan buat nenangin diri dulu disitu dan mikirin langkah selanjutnya.

Disitu gw udah ga kepikiran lagi mau ngapain, mau makan ga nafsu, mau minum juga ga nafsu, mau nelpon ortu mereka lagi dilampung kebetulan ada acara keluarga disana, dan disini gw cuma tinggal sama sepupu gw berdua, dan satu satunya orang yang selalu bisa gw hubungin dan selalu bisa datang kapan saja buat ngebantuin gw, cuma Rahmat. Dan kebetulan dy juga lagi di kampus dan lumayan deket buat nemuin gw dilokasi makan.

Setelah dia dateng, yangg harus kita lakuin adalah ke polsek IB di padang selasa buat ngelaporin kejadian gw dan segera minta surat kehilangan. Ternyata pada hari itu bukan cuma gw yang ketiban sial, ternyata ada 3-4 orang yang kejadiannya sama kayak gw. Ada ada aja nih si jambret, udah kelakuan jahat, makan duit haram, didunia ga tenang, apalagi di akhirat. *ngelus dada*

Lalu setelah dari polsek, gw baru ngerasa laper karena dari pagi tadi udah dikuras energi dan otak sama soal soal psikotes yang dikerjain selama kurang lebih 5 jam setengah, dan gw laper banget, oke kita makan dulu. Dan setelah itu kami ke Indosat buat ngeblokir nomor gw yang di hp itu dan minta dibuatkan yang baru dengan nomor yang sama, alhamdulillah semua beres, dan terakhir ke bank BNI buat tarik tunai uang gw yang di atm. Kebetulan itu hari sabtu, semua bank tutup kecuali di PS, dan alhamdulillah itu buka sampe jam 6 sore. Masih menggunakan pakaian hitam putih, tapi gw tutupin pake jaket, gw masuk mall ga peduli lah gw dikatain anak magang atau apa, yang jelas tujuan gw kecapai. Namun alhasil, ga bisa di tarik tunai karena buku rekeningnya juga ilang, dan gw harus buka rekening baru, dan uang yang ada di rekening lama bisa di transfer ke rekening baru. Tapi lagi-lagi, ga bisa di transfer langsung kalo ga pake mobile banking, sedangkan pake mobile banking harus ada handphone nya, sedangkan gw ga ada handphone lagi. Oke jadi gw mutusin buat tahan dulu uangnya, dan untungnya uang itu aman di atm walaupun udah diblokir.

Setelah mau pulang, ternyata diluar hujan deras banget, sampe kami ga bisa pulang untuk beberapa saat sampe hujan berenti. Gw segera nelpon sepupu gw biar dy ga usah khawatir kenapa gw ga pulang-pulang, dan kejadian yang menimpa gw.

Gw besyukur karena "dia" selalu ada buat gw, kapan pun, dimana pun, selalu rela bantuin, dan selalu prioritasin gw. Semoga Allah yang bakal bales kebaikan kamu nantinya, Aamiin.

Dari kejadian ini gw sadar, kalo gw harus banyak-banyak "sedekah", dan ga perlu takut jika harta itu hilang dari gw, karena semua yang ada di diri gw akan kembali kepada Allah, termasuk orang-orang yang gw sayangin. Karena semua ciptaan-Nya akan kembali dan kita hanya sementara tinggal di dunia ini. Mungkin kalo ga kejadian ini gw ga akan pernah sadar, dan ga akan pernah belajar "ikhlas" atas apa yang sudah terjadi. Banyak-banyak istighfar dan bersyukur kepada Allah, karena segala sesuatu yang kecil dan yang besar semua datangnya dari Allah. Dan percaya, bahwa rejeki sudah di atur oleh Allah, maka banyak-banyaklah bersedekah.

Oh iya satu lagi, yang pastinya harus tetep hati-hati kalo dijalan bawa kendaraan, karena kejahatan pasti selalu ada dan kita harus waspada kapan pun dan dimanap pun.

Bye.

0 komentar:

Posting Komentar

© BERBAGI CERITA 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis