Senin, 03 April 2017

Jaman Kuliah

Selamat malam.

Malem ini gw mau cerita. Alhamdulillah sekarang gw udah sarjana, keren sih, cuma menurut gw ga ada apa-apanya kalo gw sama sekali ga dapet ilmu selama gw kuliah. Yups bener banget, gw selama 4 tahun kuliah dijurusan Sistem Informasi, menurut gw cuma sekitar 30-40% ilmu yang gw dapet, dan itu bukan dibidang "coding", tetapi cuma sekilas erd, dvd, flowchart, database, spk, dah gitu doang.

Sebenernya emang dari awal gw lulus sekolah sma, gw maunya dijurusan psikologi dan nantinya ambilnya bidang industri. Tapi cuma sepintas pikiran itu muncul, yang terjadi hanyalah gw berpikiran buat bisa lulus SNMPTN, apapun caranya, jurusan apapun itu gw harus bisa lulus. Dan tujuan itu bukan hanya ke gw, tp juga buat banggain ortu, buat banggain temen-temen juga kalo gw pinter, bisa lulus SNMPTN melawan beribu-ribu calon mahasiswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri tentunya. Sebenernya pikiran ini yang buat gw sekarang nyesel banget. Kenapa gw harus mikirin omongan orang? kalo ga lulus gw bakal malu? kenapa? karena yang ada dipkiran gw cuma kenapa gw selalu membohongi diri gw sendiri. Gw ga pernah berpikir kalo kerja nanti gw bakal dibidang apa, ingin wirausaha atau jadi karyawan, gw ga pernah tau dan ga pernah kepikiran.

Ga tau kenapa orang-orang disekitar gw berpikir bahwa, setelah tamat harus kuliah, bakal kejer perguruan tinggi, apapun jurusannya yang penting bisa lulus. Padahal mereka ga pernah mikir kedepan bakal ngapain, mau kerja apa, mau jadi apa, apakah sesuai dengan cita-cita, ataukah sesuai dengan bidang, ataukah sesuai dengan passion lo sendiri? ga pernah kepikiran. Dan itu juga yg gw rasain.

Dan akhirnya gw lulus di jurusan Sistem Informasi pilihan pertama gw di Universitas Sriwijaya yg "katanya" adalah univ yg paling bagus se Sumatera Selatan. Dan setelah lulus, seneng sih, bangga, dan bahagia aja gitu bisa lulus SNMPTN sedangkan temen-temen yang ikut tes juga pada banyak yg ga lulus. Tapi gw sama sekali ga kepikiran banget buat mikir kalo gw lulus dari sini gw mau ngapain? karena dari dulu yang ada dipikiran gw cuma yang penting gw lulus, gw kuliah, udah gitu doang.

Hingga akhirnya gw jalanin masa masa kuliah gw, awal-awal seru karena sama sekali belum pernah belajar "Algoritma dan Pemrograman", "Pemrograman Web", "Struktur Data", "Knowledge Management", dll (ga bisa satu-satu gw sebutin, ntar dikira transkrip nilai lagi). Lama-lama bosen juga karena ga tau kenapa, gw susaaaah banget ngertiin yg namanya algoritma pemrograman dan pemrograman web. Dulu bisa sih dikit-dikit, kalo sering dilatih sih bisa, cuma karena gw orangnya pemales, jadi gw ga pernah apal codingan-codingan buat bikin website dll. Alhasil seluruh ujian pun sebagian gw minta bantu temen, sebagian lagi gw, dengan hasil yang standar-standar aja, dalem hati gw penting bisa selesain ni ujian berapapun nilainya penting udah kelar. Dan taraaa, nilai gw C.

Akhirnya gw coba ambil semester pendek buat gw ngulang mata kuliah itu dan memperbaiki nilainya. Dan lagi-lagi itu ga masuk di otak gw. Ntah gw yang oon atau emang pelajarannya susah.
Dan sampe akhirnya gw selesai mengambil seluruh mata kuliah dengan 151 sks yang gw tempuh, semua itu gw dapetin dengan...."penting nilai gw bagus, gw dapet A, ipk gw tinggi".

Lucu sih sebenernya. Selalu dan selalu gw kepikiran sama kebanyakan nyinyirnya orang tentang, "Kapan lulus mik?", "Udah skripsi belom?", "Berapa ipk?" dan itu menjadi pertanyaan dasar yang selalu ditanya-tanya dan kebanyakan orang menanyakan nya, padahal kalo mereka yang ditanya mereka jg ga bakal suka.

Dan yang paling bikin gw nyesel, kenapa sih mesti buru-buru tamat? mesti buru-buru lulus? kita tu harus nikmatin proses kuliah kita, nikmatin lo ikut organisasi dikampus, nikmatin lo ikut beasiswa sana sini, nikmatin semua yg bisa lo dapatkan selama dikuliah yg mungkin nantinya ga lo dapetin kalo lo udah lulus kuliah. Dan gw dulu selalu mikir, ilmu yang gw dapet selama gw kuliah itu masih sedikit banget, apa nanti yang bakal gw bawa setelah gw lulus? ijazah? (yaampuuun mik, ijazah banyak kali jualannya sekarang)
Karena dulu gw mikirnya gini, "gw udah ga tau lagi mau memperdalam mata kuliah yg mana, mau memperdalam ilmu pemrograman web jg udah males, jadi gw mikir, daripada gw lama-lama hasilnya tetep gw ga bisa apa-apa, mending gw bikin skripsi, selesain skripsi gw dan gw tamat". Itu.

Padahal, baru sekarang terasa gimana rasanya gw ga punya skill apa apa buat mencari pekerjaan, terutama bidang komputer/programmer. Gw lulusan Sarjana Sistem Informasi tp gw sama sekali ga mau ambil kerjaann dibidang pemrograman? kan lucu tuh, ngapain gw capek-capek kuliah 4 tahun kalo ujung-ujungnya gw tetep ga ngambil tu bidang sama sekali.

Balik lagi deh keawal, gw beneran nyesel.

Tapi yaudahlah ya, hidup tuh harus dinikmatin, disyukurin, temen-temen lo yg seumuran lo masih banyak yg belum lulus, masih banyak yg terhambat karena skripsi nya. dan banyak banget hambatannya, bersyukur lo bisa lulus cepet dari pada yang lainnya.

Dan pesan gw buat yg mau ngelanjut kuliah yg dr sma, mending lo pikir mateng-mateng deh, lo mau jadi wirausaha, mau jadi karyawan di BUMN, lo mau jadi pilot, polisi, dokter, lo harus pikirin banget, biar lo ga nyesel kalo kuliah ambil jurusan yg bener-bener lo pengennya dimana nanti. Jangan sampe lo udah kuliah terus lo lulus-lulus aja tanpa adanya ilmu yg didapet, kan rugi.

Dah gitu doang sih ceritanya, ntar gw lanjut lagi ya.

Bye.

0 komentar:

Posting Komentar

© BERBAGI CERITA 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis